Pastikan Kendaraan Layak Jalan, Satlantas Polres OKU Gelar Ramp Check

Berita Daerah241 Dilihat
Kanit turjawali satlantas polres Oku Mengecek kendaraan di LOket Rosalia indah. Foto : Herli Yansah

BATURAJA, KLIKOKU.ID – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Ogan Komering Ulu bersama Dishub setempat melakukan ramp check terhadap bus angkutan umum guna memastikan kelayakan jalan kendaraan dan menghindari potensi kecelakaan.

Pemeriksaan itu berlangsung intensif dan menyeluruh, mencakup berbagai aspek teknis dari bus yang beroperasi. Mulai dari PO Bus Gading Mas, Rosalia Indah hingga ke travel 2002.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi para penumpang serta memastikan bahwa bus yang digunakan memenuhi standar keselamatan.

Kanit Turjagwali Satlantas Polres OKU, AIPTU Andi Andrianto, mengungkapkan pihaknya menemukan bus yang tidak layak jalan di PO Bus Gading Mas.

Bus tersebut memiliki berbagai masalah, mulai dari kaca belakang dan kaca lampu pecah, lampu redup, tidak ada speedometer, body bus keropos, tidak ada kotak P3K, tidak ada Apar dan surat KIR kendaraan mati serta sim pengemudi mati.

Pengecekan kelengkapan kendaraan

“Kami menginstruksikan pemilik bus untuk segera melakukan perbaikan dan pemeliharaan. Itu untuk keselamatan penumpang dan sopir itu sendiri,” kata Kanit Turjagwali, Rabu (29/05/24).

Pemeriksaan ramp check ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran pengelola bus pariwisata akan pentingnya pemeliharaan rutin dan kepatuhan terhadap standar keselamatan.

Satlantas Polres OKU berkomitmen untuk terus melakukan pemeriksaan serupa secara berkala guna menjamin keamanan transportasi di wilayah hukum Polres OKU.

“Kami berharap dengan adanya ramp check ini, tingkat kecelakaan yang melibatkan bus angkutan umum dapat diminimalisir,” pungkas IPTU Andi. (Lee)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *