Cegah Kasus DBD Meningkat, Kelurahan Sekarjaya Bersama UPTD Puskesmas Sekarjaya Lakukan Fogging

Berita Daerah, Ragam759 Dilihat
Lurah Sekarjaya Arnando Yugantara SSTP MSi. Foto : ist

BATURAJA, KLIKOKU.ID – Meningkatnya kasus Demam Berdarah Dangue (DBD) di kelurahan Sekarjaya Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten OKU belakangan ini membuat pemerintah Kelurahan Sekarjaya bekerjasama dengan UPTD Puskesmas Sekarjaya melakukan langkah cepat guna mencegah meluasnya kasus tersebut. Belum lama ini, UPTD Puskesmas dan Kelurahan Sekarjaya melakukan fogging di beberapa titik dan menebar serbuk Abate untuk membasmi nyamuk penyebab demam berdarah.

“Data saat ini yang dimiliki UPTD Puskesmas Sekarjaya mencatat ada 7 kasus DBD yang terjadi pada bulan Desember kemarin di kelurahan ini. Maka dari itu, untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran kita lakukan upaya fogging dan membagikan Abate kepada masyarakat,” ujar Lurah Sekarjaya Arnando Yugantara SSTP, MSi, Dibincangi diruang kerjanya Rabu (3/1/2024).

Arnando menjelaskan penyebaran kasus DBD di kelurahan yang dipimpin nya terjadi di beberapa RT diantaranya RT 01, RT 04 serta RT 05. Oleh sebab itu fogging yang dilakukan terfokus ke 3 RT tersebut.

“Kita melakukan fogging pada Sabtu (30/12/2203) kemarin. Dan kita fokuskan ke 3 RT itu karena di RT itu yang terjangkit,” jelasnya.

Fogging yang dilakukan petugas dari puskesmas Sekarjaya

Lebih jauh Lurah Sekarjaya ini merinci dari 7 penderita DBD di Kelurahan Sekarjaya, 3 diantaranya adalah anak – anak dan balita. Sedangkan 4 orang lainnya adalah dewasa. Kemudian kata dia, dari 7 penderita 1 diantaranya meninggal dunia.

“Untuk yang meninggal ada di RT 05 RW 02. Sedangkan yang 3 lagi adalah anak – Anak yang masing masing berusia 5 bulan, 10 tahun dan 11 tahun,” rincinya.

Selain upaya fogging, Arnando juga telah mengeluarkan himbauan kepada para RT dan RW di Kelurahan sekarjaya untuk melakukan pembersihan lingkungan. Dan dia juga mengatakan jika ingin meminta Abate silahkan datang kepuskesmas sekarjaya.

“Mengingat saat ini sudah memasuki musim hujan, mari, kita jaga kebersihan lingkungan kita. Kalau bisa laksanakan gotong royong untuk membersihkan lingkungan agar semak belukar yang ada di seputaran kita tidak menjadi sarang nyamuk. Hal ini kan juga sesuai dengan surat edaran Pj Bupati OKU tentang kesiapsiagaan mengantisipasi meningkatnya kasus DBD yang telah lebih dulu dikeluarkan,” pungkasnya.(Lee)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *