Rangkaian HBA ke 63 dan IAD ke 23, Kejari OKU Gelar Donor Darah

Berita Utama, Ragam491 Dilihat
Kajari OKU Choirun Parapat SH MH didampingi ketua IAD OKU saat mendonorkan darah. Foto : Herli Yansah

BATURAJA, KLIKOKU.ID – Dalam rangka memeriahkan HUT Bhakti Adhyaksa ke 63 dan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke 23 tahun 2023, Kejaksaan Negeri OKU, Senin (17/7/2023) menggelar kegiatan donor darah. Kegiatan yang dilaksanakan di aula Kantor Kejaksaan Negeri OKU dan bekerja sama dengan dinas kesehatan Kabupaten OKU dan UTD PMI OKU itu di hadiri Kejari OKU Choirun Parapat SH MH, Ketua IAD OKU Cherdina C. Parapat, Kasi Intelijen Variska Ardina Qordiransyah SH, Kasi Datun Ajie Marta SH, Kasi Pidsus Yerry Tri Mulyawan SH, Kasi Pidum Erik Eko Bagus Mudigdho Sh, Kasi Barang Bukti Pajri Aef Sanusi SH, Kasubbagbin Eko Setia Negara SH, Kabid kesehatan masyarakat Dedi Wijaya SKM. M Kes, dan seluruh pegawai Kejaksaan Negeri OKU.

DIbincangi di sela kegiatan donor, Bang ‘CP’ (sapaan Kajari, red) mengatakan kegiatan tersebut merupakan rangkaian dalam rangka menyabut dan memeriahkan BHA ke 63 dan IAD ke 23. Salah satu bentuk kegiatan nya adalah donor darah.

“Hari ini kita adakan Bhakti sosial donor darah dalam rangka HBA Ke 63. Jadi kegaitan ini di ikuti oleh seluruh pegawai kejaksaan dan masyarakat Umum. Tadi saya sudah tekankan kepada seluruh pegawai untuk ikut berpatisipasi mendoronkan darahnya. Ya minimal di cek dulu, kalu bisa, donorkan,” Ujar Choirun Parapat.

Kasi intelejen Variska Ardina Qordiransyah SH saat mendonorkan darah

Menurut Bang ‘CP’, donor darah adalah suatu kegiatan positif yang manfaatnya sangat besar bagi masyarakat. Hal itu kata dia mengingat saat ini stok darah di UPTD PMI msh sangat kekurangan.

“Kita tahu, kebutuhan darah di rumah sakit setiap harinya meningkat. Banyak sekali masyarakat yang membutuhkan darah, sementara terkadang stok di PMI sangat terbatas. Makanya kita pilih kegiatan ini yang menurut saya sangat besar manfaatnya. Setetes darah itu bisa selamatkan nyawa,” beber Bang ‘CP’.

Bang ‘CP’ juga sangat mengapresiasi seluruh pegawainya yang telah bersedia menyumbangkan darahnya. “Saya ucapkan terima kasih kepada rekan – rekan sesama pegawai kejaksaan yang telah menyumbangkan darahnya. Yakinkah, darah yang rekan donorkan akan menyelamatkan banyak jiwa,” kata dia.

Selain itu PLT kepala dinas kesehatan OKU Rozali SKM MM diwakili Kabid Kesehatan Masyarakat Dedi Wijaya SKM M Kes kepada KLIKOKU.ID menyambut baik kegiatan donor darah yang dilakukan Kejaksaan Negeri OKU. Menurut Dedi kebutuhan darah di UPTD PMI memang masih sangat keurangan.

“Kita membutuhkan 300 hingga 400 kantong darah perbulan untuk memenuhi kebutuhan darah di beberapa Rumah sakit di OKU. Makanya kita sangat menyambut baik jika ada kegiatan donor darah seperti ini,” ujar Dedi.

Terkait donor darah dalam rangka HBA ke 63, pihaknya sudah menerima surat dari Kejaksaan Negeri OKU untuk meneruskan ke OPD dan UPTD Puskesmas di Kabupaten OKU untuk turut berpartisipasi.

“Kegiatan unit tidak Hanya di ikuti oleh pegawai kejaksaan saja, namum juga diikuti oleh seluruh puskesmas di kabupaten OKU. Kita sudah sebarluaskan surat himbauan nya. Tadi juga ada salah satu dokter dari puskesmas Lubuk Batang (dr. Jesika Sidabutar) yang ikut mendonorkan darahnya,” lanjutnya.

Masih kata Dedi Wijaya, untuk mengatasi kekurangan stok darah di Kabupaten OKU, Dinas Kesehatan OKU telah membantuk tim pendonor tetap. Pihak nya telah membentuk group wahtasapp yang setiap saat bisa di hubungi jika di butuhkan.

“Sudah ada group WhatsApp nya,” tutupnya.(Lee).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *