Puluhan Guru SMP di OKU Pelajari Penggunaan Chromebook

Pendidikan151 Dilihat
Syaihon SPd MM ketua MKKS saat menjelaskan bahwa Chroomebook sangat berguna dan bisa membuat pelajaran disekolah menjadi menarik. Foto : Jeki

BATURAJA, KLIKOKU.ID – Guru jenjang SMP di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mengikuti pelatihan dan pemanfaatan Google Chromebook sebagai media pembelajaran berbasis digital. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari 27 – 28 ini berlangsung di SMPN 1 OKU, dihadiri langsung olehKadisdik OKU Drs. H. Topan Indra Fauzi MM MPd sekaligus membuka kegiatan, Ketua MKKS SMP OKU Syaihon SPd MM, google educator spesialis wilayah sumsel jambi bengkulu lampung dan babel Azis.Kegiatan ini sendiri berkat kerja sama MKKS SMP kabupaten OKU dengan google for education – Indonesia.

H Topan menjelaskan bahwa pemanfaatan Google Chromebook ini untuk mengakomodasi kebutuhan para pengajar dalam melaksanakan aktivitas belajar mengajar agar lebih cepat dan mudah.

“Pelatihan seperti ini sendiri sangat berguna sekali, apalagi di zaman sekarang ini orang yang tidak mengetahui IT bakal ketinggalan zaman. Jadi kita juga harus melek teknologi. Google Chromebook dapat digunakan secara daring maupun luring untuk mempermudah proses belajar mengajar di sekolah. Dengan adanya pelatihan ini kepada peserta agar dapat memanfaatkannya. Kami dari Disdik ingin mendidik generasi emas, jadi kita inilah yang akan mendidik generasi – generasi yang akan datang. Jadi kalau sekarang mereka sudah mengenal teknologi dari awal insha allah kedepannya lebih canggih dan tak ketinggalan teknologi yang semakin maju,” ungkapnya.

Sementara itu Syaihon mengatakan bahwa kegiatan perdana ini diikuti oleh seluruh SMP negeri dan swasta di kabupaten OKU, sementara ini chroomebook ada di beberapa sekolah dan dengan adanya chroomeboom ini juga agar pembelajaran tidak bosan karena ada pembelajaran bentuk lain.

“Chromebook adalah jenis computer yang menjalankan sistem operasi (OS) Chrome, yaitu sistem operasi dengan penyimpanan cloud. Computer ini memiliki berbagai fitur dari Google di dalamnya. Pelatihan ini bertujuan agar guru dapat memanfaatkan Chromebook sebagai alat pembelajaran. Semoga kehadiran chromebook ini bisa menunjang pembelajaran. Selain itu pihak sekolah bisa lebih berkreasi untuk pembelajaran bagi siswa. Serta kalau suatu saat kita mendapatkan chromebook kita sudah punya ilmunya,” jelasnya.

Begitu pula Azis, ia mengatakan bahwa di pelatihan ini mendorong pemanfaatan chromebook yang sudah diberikan pemerintah. “Jadi kami dari google ingin mendorong sekolah – sekolah untuk bisa memanfaatkan chromebook yang sudah dibagikan dan sudah memberikan keunggulan – keunggulan yang bisa di manfaatkan untuk kegiatan belajar di chromebooke tersebut. Salah satunya kolaborasi didalam penggunalan aplikasi google workspace. Kita berharap dengan pelatihan ini para peserta sesuai dengan hasil dari pada yang di dapat untuk pengetahuan agar bisa di imbaskan dan mengajarkan lagi kepada teman – teman guru lainnya,” ujarnya.(jpn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *