Hadiri Perayaan Hari Raya Nyepi di Desa Panai Makmur, PJ Bupati OKU Disambut Antusiasme Ratusan Umat Hindu

Berita Utama, Ragam65 Dilihat
PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah menghadiri perayaan hari raya Nyepi di desa Panai Makmur. Foto : Herli Yansah

BATURAJA, KLIKOKU. ID – PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd menghadiri kegiatan perayaan hari raya nyepi tahun Baru saka 1946 umat Hindu di Desa Panai Makmur Kecamatan Semidang Aji Kabupaten OKU, Minggu, (10/3/2024). Kegiatan itu juga di hadiri Asisten III Setda OKI Romson Fitri, Kepala Dinas PU Perkim Nopriansyah, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kadarisman, Anggota DPRD OKU Mulawarman, Kapolsek Semidang Aji IPDA Hartomi, Kades Panai Makmur Ema Yanti, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) OKU I wayan Sandya serta tamu undangan.

Dalam sambutannya, ketua PHDI Kabupaten OKU I Wayan Sandya mengaku tersanjung atas kunjungan PJ Bupati OKU yang telah berkunjung ke Perayaan umat Hindu. Menurutnya hal tersebut merupakan bentuk toleransi dan saling menghargai umat beragama yang ditunjukkan oleh PJ Bupati OKU.

“Kami sangat berterima kasih sekali atas kunjungan Pak Teddy Meilwansyah, ditengah kesibukannya, beliau masih menyempatkan diri untuk berkunjung ke Desa Panai Makmur ini. Semoga bentuk toleransi ini bisa terus terjaga,” ujar I Wayan Sandya.

I Wayan bahkan menceritakan bagaimana kedekatan umat Hindu di Desa Panai Makmur dan Guna Makmur terhadap pemimpin OKU di masa Drs H Kuryana Azis (alm). Dirinya berharap kedekatan itu dapat kembali terukir di masa kepemimpinan Teddy Meilwansyah meski masih berstatus Penjabat Bupati (PJ).

“Dulu, kita sangat dekat dengan almarhum Kuryana Azis. Dan kita merindukan sosok pemimpin yang tipenya seperti beliau. Nah dengan adanya H Teddy Meilwansyah, kami berharap kedekatan itu akan terukir kembali dan bisa meneruskan perjuangan Kuryana Azis,” harapnya.

Sementara itu, PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah dihadapan ratusan masyarakat umat Hindu di Desa Panai Makmur mengucapkan selamat merayakan hari raya Nyepi tahun Baru saka 1946. Teddy juga mengapresiasi atas peran ketua PHDI yang telah mampu menciptakan rasa toleransi umat beragama di wilayah itu.

“Selamat hari raya nyepi 1946. Semoga di hari raya ini dapat kian menebalkan rasa keimanan umat Hindu. Kami juga salut atas rasa toleransi umat beragama di desa ini yang sangat tinggi. Itu tentu tak lepas dari peran serta ketua PHDI yang terus menanamkan rasa saling menghormati,” ujar Teddy.

Teddy berpesan kepada umat muslim yang berada di Desa Panai Makmur dan Guna Makmur untuk juga dapat menghormati umat Hindu yang saat ini tengah merayakan hari raya Nyepi.

“Kami mohon untuk tidak mengganggu umat Hindu yang tengah beribadah. Bagi yang akan menggelar kegiatan yang akan menimbulkan kebisingan, tolong ditunda dulu hingga perayaan umat Hindu selesai, agar Tidak terjadi konflik,” pesannya.

Pada kesempatan itu, PJ Bupati OKU juga menyinggung mengenai perayaan Dharma Santi yang juga merupakan rangkaian hari raya Nyepi. Bahkan Teddy menawarkan rumah Kabupaten sebagai tempat pelaksanaan perayaan Dharma Santi.

“Kami Pemkab OKU sangat mebuka diri, kami dengan senang hati kalau nanti perayaan akan dilaksanakan di rumah Kabupaten OKU. Namun jikapun akan dilaksanakan di tempat lain, kami juga tidak melarang, kita akan tetap mambantu,” tukas Teddy.

Antusias masyarakat Hindu di Desa Panai Makmur menyambut kedatangan PJ Bupati OKU sangat terlihat. Bahkan Orang nomor 1 di Kabupaten OKU itu sampai di naikkan ke patung Ogoh – Ogoh yang diarak keliling kampung.(Lee)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *