Apresiasi Kampung Budidaya Ikan Gabus, Herman Deru : Ketika Orang Lain Terlena, OKU Sudah Berbuat

Berita Daerah, Ragam433 Dilihat
Pelepasan bibit ikan gabus oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru. Foto : Herli Yansah

BATURAJA, KLIKOKU.ID – Usai menghadiri HUT OKU ke 113 di Gedung Kesenian Baturaja, Gubernur Sumsel, H Herman Deru (HD) bersama Pj Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah meresmikan Kampung Budidaya Ikan Gabus yang berada di Desa Martajaya, Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten OKU, Sabtu (29/7/2023).

Selain Guberrur dan PJ Bupati OKU, Kegiatan itu di hadiri oleh Forkompinda OKU seeprti Ketua DPRD OKU, Kapolres OKU, Dandim 0403 OKU, Kepala Kejaksaan negeri OKU, Ketua Pengadilan Negeri Baturaja, ketua TP PKK OKU serta sejumlah kepala OPD Kabupaten OKU lain.

Gubernur Sumsel, H Herman Deru mengatakan, Kampung Budidaya Ikan Gabus di atas lahan seluas 1 hektare ini, masuk dalam program GSMP. Pad aprogram itu, Gubernur berharap bisa mengubah mindset masyarakat dari konsumtif menjadi produktif.

Panen ikan gabus oleh PJ Bupati OKU Teddy Meilwansyah

“Saya sangat mengapresiasi adanya kampung budidaya ikan gabus ini. Ketika orang lain terlena, di Kabupaten OKU sudah berbuat. Saya berharap, bukan di kecamatan Lubuk Raja saja, tapi bus Adi kembangkan di kecamatan lain juga,” kata Herman Deru.

Ikan gabus ini, sambung HD, banyak sekali manfaat kegunaannya. Selain untuk konsumsi, menurutnya ikan gabus juga bisa dijadikan obatbBahkan albuminnya bis adi export sampai ke Negeri Cina.

“Saya berharap Kampung Budidaya Ikan Gabus di OKU ini menjadi contoh bagi Kabupaten – Kabupaten lain dalam pembudidayaan ikan gabus. Sebab, ketersedian ikan saat ini sudah mulai berkurang,” harap Gubernur.

Sementara itu, Pj Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah saat diwawancarai menuturkan, akan lebih memaksimalkan lagi dalam membudidaya ikan gabus yang telah dijalani itu.

“Ya, semoga di Desa Martajaya ini menjadi pelopor budidaya ikan gabus di Indonesia,” ucap Teddy.

Di Desa Marta Jaya itu sendiri, kata Teddy ada sekitar 30 lebih kolam budidaya ikan gabus. Dari jumlah itu, diharapkan bisa menghasilkan ikan gabus secara terus menerus tanpa jeda.

“Makanya dal setiap kolam isinya berbeda ukuran, sehingga bisa di panen secara terus menerus tanpa putus,” pungkasnya.

Kegiatan diakhiri dengan penebaran bibit ikan gabus oleh Gubernur Sumsel dan Pj Bupati OKU serta memanen ikan gabus secara simbolis. (Lee).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *