11 Februari Logistik Pemilu Didistribusikan, Akan Gunakan 26 Truk Serta Sepeda Motor Modifikasi

Berita Utama, Politik286 Dilihat
Logistik pemilu yang siap didistribusikan ke TPS yang rencananya akan menggunakan 26 unit truk. Foto : ist

BATURAJA, KLIKOKU.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKU memastikan 11 Februari 2024 mendatang, 6125 kotak suara beserta logistic pemilu 2024 lainnya akan di distrisbusikan dari gudang logistic KPU OKU ke seluruh TPS di Kabupaten OKU. Hal itu diketahui pada rapat koordiansi (Rakor) persiapan dan pemantapan distribusi logistic pemilu di Kantor KPU OKU yang dihadiri unsur Forkompolimda Kabupaten OKU Rabu (7/2/2024).

Dalam rakor itu, Suyatno (staf KPU OKU) menyebutkan Logistik Pemilu 2024 yang akan didistribusikan Meliputi 6125 Kotak Suara, 4900 bilik suara ditambah perlengkapan diluar kotak suara berupa kantong plastic besar yang berisi alat kelengpakan TPS, Tanda pengenal dan lainnya sebanyak 1225 kantong. Selain itu ada juga Box Kontainer sebannyak 248 buah yang digunakan untuk memasukan hasil rekap tingkat PPK dengan rincian 1 kotak berisi 30 TPS.

“Tanggal 13 semua logistic pemilu harus sudah ada di TPS, Kita juga telah memperhitungkan jarak terjauh TPS yang paling jauh yakni kecamatan Ulu ogan dan Kedaton peninjauan Raya yang dapat dijangkau sekiutar 2- 3 jam perjalanan,” jelasnya.

Sedangkan untuk distribusi TPS tersulit dan dianggap rawan karena faktor geografi KPU OKU akan menggunakan kendaraan bermotor dengan roda yang telah dirantai. KPU OKU akan melakukan perlakukan khusus terhadap logistic pemilu 2024, kotak suara akan di buatkan kotak dari kayu, dan dilapisi kantong plastic agar tidak basah saat terjadi hujan.

“Ada 20 TPS yang rawan atau sulit dan hanya bisa dijangkau dengan menggunakan Kendaraan bermotor yang telah dimodifikasi khusus yakni roda telah dipasang rantai, TPS itu tersebar dikecamatan Sosoh Buay Rayap, Lengkiti, Ulu Ogan, Peninjauan dan Semidang aji,” jelasnya.

Sementara itu Pihak PT POS Baturaja Reza mengatakan untuk distribusi logistic pihak Kantor Pos Baturaja menyiapkan 26 unit armada truk. Truk-truk ini telah diperiksa dan dicek agar tidak terjadi kerusakan saat pendistribusian. “26 Truk yang sudah kita siapkan, 1 truk bermuatan 120 kotak suara,” sebutnya.

Selain itu lanjut Reza, pihaknya juga akan diperkuat oleh 10 orang yang ditempatkan di gudang logistic KPU OKU untuk melakukan loading muatan logistic ke Truk yang telah disedaiakan. “Diperkirakan 1 truk akan memakan waktu sekitar 30 menit untuk loading muatan logistic, kita telah memetakan seluruh kecamatan dan kita akan mendahulukan distribusi ke kecamatan yang jauh,” pungkasnya.(Lee)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *