Uji Kelayakan Peningkatan Tipe Polsek Baturaja Timur, AKBP Sinta : Bukan Lagi Layak, Tapi Harus

Berita Utama, Ragam500 Dilihat
Birorena Polda Sumsel AKBP Sinta memberi penjelasan terkait peningkatan tipe Polsek Baturaja Timur, foto : Herli Yansah

BATURAJA, KLIKOKU.ID – Tim studi kelayakan dan asistensi peningktakn satwil Polda Sumatera Selatan yang dipimpin Birorena Polda Sumsel AKBP Sinta SIK mengunjungi Polsek Baturaja Timur, Rabu (6/3/2024). Kunjungan itu dalam rangka uji kelayakan peningkatan tipe Polsek Baturaja Timur Polres OKU yang saat ini bertipe C (Rural) untuk ditingkatkan menjadi tipe B (Urban).

Kegiatan itu juga dihadiri Wakapolres OKU Kompol Yulfikri, Kabag SDM Kompol Marwan, Kabag Ren Kompol Nusirwan, Kapolsek Baturaja Timur AKP Hariyanto, Danramil 403-12 Kapten Surasa, ketua Senkom Baturaja Dwijoko Handoyo, Camat Baturaja Timur Yoyin Arifianto, Tokoh Masyarakat, Ormas, Lembaga pendidikan beberapa kades serta seluruh anggota Polsek Batuaraja Timur.

Dalam sambutannya, Camat Baturaja Timur Yoyin Arifianto mengatakan sangat mendukung program peningkatan tipe terhadap Polsek Baturaja Timur. Hal itu kata dia lantaran wilayah Kecamatan Baturaja Timur yang memiliki luas, jumlah penduduk, sarana prasarana, pertumbuhan penduduk, objek vital yang sudah sangat banyak.

“Bayangkan saja, jumlah penduduk di Kecamatan Baturaja timur ini jika di bandingkan dengan kecamatan lain bisa menyamai jumlah penduduk 4 kecamatan. Kemudian untuk ojek vital, sarana pendidikan juga sudah banyak. Belum lagi ditambah dengan angka pertumbuhan penduduk, dari data Disdukcapil saja ada 1,93 persen pertumbuhan penduduk pertahun. artinya dalam satu tahun penduduk di Kecamatan Baturaja Timur ini bisa bertambah hingga 2000 jiwa. Oleh karenanya kami sangat mendukung jika Polsek Batuaraja Timur di tingkatkan tipenya menjadi Urban,” ujar Yoyin.

Para tamu undangan

Belum lagi lanjut Yoyin, berbagai jenis moda transportasi sudah mulai berkembang di kota Baturaja. Selain itu bertambahnya pusat keramaian juga faktor pendukung lain sebagai pendukung untuk ditingkatkannya tipe Polsek Baturaja timur.

“Termasuk gojek, Maxim, lalu sudah ada 2 mall di Baturaja. Dan semua itu tentu perlu mendapat perhatian dari petugas polisi,” tambahnya.

Sementara itu, Wakapolres OKU Kompol Yulfikri sangat berterima kasih atas dukungan berbagai lapisan masyarakat yang telah mendukung untuk peningkatan Tipe Polsek Baturaja Timur menjadi Urban. Dirinya berharap program itu dapat berjalan sesuai harapan.

“Kami mohon petunjuk dan arahan, Harapan kami semoga hasilnya maksimal. Kami sangat berterima kasih kepada semua masyarakat Kecamatan Baturaja Timur untuk mensukseskan kegiatan yang merupakan program pimpinan ini, Semoga sesuai dengan harapan,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Birorena Polda Sumsel AKBP Sinta mengungkapkan untuk meningkatkam tipe Polsek Rural menjadi Urban tentu harus memenuhi kriteria. Dikatakannya, setidaknya Polsek Baturaja Timur harus memenuhi 5 kriteria yang telah di tetapkan.

“Itu tertuang dalam Peraturan Polri nomor 11 tahun 2021 perubahan atas peraturan polri nomor 4 tahun 2018 tentang pembentukan dan perubahan tipe dan kesatuan wilayah dilingkungan Polri. Di pasal 6 itu diatur terkait Masalah peningkatan ada kriterianya. Diantaranya memenuhi kategori SIK3 di angka 2501 hingga 3000 untuk urban. Lalu adanya dukungan dari masyarakat, kemudian peningkatan gangguan Kamtibmas yang setiap tahun terjadi. Lalu ada juga jumlah penduduk,” ujar AKBP Sinta.

Foto bersama

Selain itu lanjut dia, juga harus memenuhi syarat – syarat yang diatur Dalam pasal 8, terkait SIK3, adanya usulan dari Polres, adanya dukungan dari pemerintah daerah setempat secara tertulis baik dari Bupati, Ketua DPRD, Camat ataupun lurah. Selain itu syarat lainnya harus mendapat dukungan dari pimpinan kesatuan wilayah (Kapolda) dan Polsek yang akan meningkatkan tipe harus telah beroperasi minimal 3 tahun.

“Kalau secara umum, polsek Baturaja Timur sudah memenuhi syarat. Tinggal nanti kita coklit dokumen SIK3 yang memuat 9 dimensi dan 33 indikator. 7 dimensi ada dikecamatan dalam Angka dan 2 dimensinya ada di Polri yakni dimensi Harkamtibmas maupun kemapuan kesatuan. Kalau ketemu di angka 2501 sampai 3000, artinya lengkap kriteria dan syarat peningkatan tipe Polsek,” jelasnya.

Dikonfirmasi terkait apakah Polsek Baturaja Timur sudah layak atau belum untuk meningkatkan tipe menjadi Urban, AKBP Sinta mengaku sudah harus di tingkatkan kepada tipe Urban.

“Kalauenurut pandangan kami, Polsek Baturaja Timur bukan lagi layak, tapi harus. Kenapa? Karen aKecamtaqm Baturaja timur merupakan ibukota dari kota Baturaja. Semua pusatnya baik pendidikan, ekonomi, politik, maupun sosial budaya ada di kecamatan ini. Namun tentu akan membutuhkan waktu untuk peningkatan tipe ini. Karena keputusannya bukan hanya di tangan polri namun juga harus ada persetujuan dari Menpan RB,” Pungkasnya.(Lee)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *