SMPN 1 OKU Mulai Laksanakan ASAS

Pendidikan129 Dilihat
Siswa SMPN 1 OKU yang melaksanakan ASAS berbasis Android. Foto : JEKI

BATURAJA, KLIKOKU.ID – Setiap akhir tahun ajaran, seluruh sekolah pasti akan melaksanakan Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) sebagai Final dari Proses pembelajaran peserta didik selama 1 tahun pelajaran. Seperti yang dilakukan oleh seluruh sekolah di kabupaten OKU sudah mulai melaksanakan ASAS bagi kelas VII dan VIII, salah satunya SMPN 1 OKU yang melaksanakan ASAS dengan berbasis android bahwa untuk tahun ini juga soal ASAS mengacu Assesment Kompetensi Nasional (AKM) dengan 5 tipe soal, yaitu pilihan ganda, menjodohkan, benar salah, isian singkat dan uraian panjang.

“Sebanyak 351 siswa kelas VII dan 337 siswa kelas VIII SMPN 1 OKU yang mengikuti ASAS. Kita laksanakan ASAS ini dengan Kombinasi yaitu melalui android dan manual, karena soal nya mengacu AKM. Untuk soal sendiri di susun oleh guru mata pelajaran masing – masing melalui musyawarah guru mata pelajaran (MGMP),” jelas Kepala sekolah SMPN 1 OKU Syaihon SPd MM didampingi Wakil Kurikulum Herma Yulia SPd.

Selama pelaksanaan berlangsung berjalan dengan lancar dan hanya ada beberapa siswa saja yang terkendala saat pengerjaan.

“Di hari pertama kemarin ada siswa yang HP ny bermasalah, tapi semua itu teratasi karena sekolah juga sudah menyiapkan tab bagi HP siswa yang bermasalah maupun yang tidak memiliki HP sehingga mereka tetap bisa mengikuti ASAS ini. Selain pelaksanaan ASAS ini tetap dilaksanakan secara tatap muka terbatas disekolah dengan jumlah peserta maksimal 16 siswa dalam setiap kelasnya,” pungkas Syaihon yang juga merupakan ketua MKKS SMP.

ASAS ini dilaksanakan selama 6 hari dari 5 – 10 Juni, dengan 10 mata pelajaran (mapel) dalam 1 hari 2 mapel. Syaihon berharap kegiatan ini dapat mengukur tingkat pemahaman siswa sebagai dasar penilaian kenaikan kelas. “Melalui ASAS ini diharapkan bisa menjadi tolak ukur untuk penilaian kenaikan kelas untuk siswa kelas 7 dan 8. Dengan ASAS ini selain digunakan untuk penilaian kenaikan kelas juga digunakan untuk mengasah kemampuan pengetahuan dan ketrampilan siswa selama satu semester ini,” jelasnya.(jpn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *