Rutan Kelas II B Baturaja Minim Air Bersih, Warga Binaan Ngadu ke PJ Bupati

Berita Utama307 Dilihat
Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah tampak memberi semangat kepada warga binaan usai menyerahkan SK remisi. Foto : Herli Yansah

BATURAJA, KLIKOKU.ID – Minimnya fasilitas di Rumah Tahanan Negara (rutan) kelas II B Baturaja di keluhkan para Warga Binaan Permasyarakatan (WBP). Selain itu over kapasitas juga menjadi permasalahan klasik yang hingga kini belum teratasi

Hal itu terungkap saat salah satu warga binaan ketika menyampaikan uneg – uneg di hadapan Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah usai menyerahkan SK Remisi Umum dan di hadiri forkompinda Kabupaten OKU, Kamis (17/8/2023).

Menurut salah satu warga binaan, para warga binaan mengeluhkan kurangnya ketersediaan air bersih di dalam rutan. Selama ini air hanya di suplapi sebanyak 2 tangki perhari untuk memenuhi kebutuhan MCK 400 lebih warga binaan.

“Kita hanya di supali 2 tangki perhari. Itu pun terkadang tidak fuul setiap hari. Kita mohon kepada PJ Bupati OKU untuk dapat membantu kami,” Keluh Warga Binaan.

Lalu, kata dia, selain kekurangan air bersih, dirutan kelas II B Baturaja juga sangat minim tong sampah. Sedangkan sampah yang dihasilkan di rutan sangat banyak setiap harinya.

“Ini juga yang menjadi keluhan kami pak, kalau bisa juga bantu kami untuk penyediaan tempat sampah,” lanjutnya.

Menyikapi keluhan warga binaan itu, PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah mengatakan akan segera membantu warga binaan rutan kelas II B. Dalam waktu dekat Teddy berjanji akan segera membangun jaringan PDAM khusus untuk rutan kelas II B Batuaraja.

“Tadi saya sudah koordinasikan bersama kepala Rutan. Katanya estimasi biayanya sekitar 49 juta. Saya berjanji dalam waktu 1 bulan jaringan air khusus untuk warga binaan sudah tersedia,” janji Teddy.

Kemudian Teddy juga akan meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten OKU untuk menempatkan bak sampah di rutan kelas II B Baturaja. “Nanti kita minta juga kepada DLH untuk setiap hari mengangkut sampah yang ada di rutan ini,” tukasnya.

Sementara Dalam laporannya kepala Rutan kelas II B Baturaja menjelaskan kondisi rutan kelas II B Batuaraja saat ini berisi 457 orang. Jumlah itu sudah melampaui kapasitas dari yang seharusnya yakni hanya berjumlah 262 orang.

“Itulah kondisi rutan kelas II Baturaja saat ini dan hal ini perlu kami sampaikan,” ucap Febriansyah.

Diketahui pada peringatan HUT RI ke 78 tahun 2023, sebanyak 319 warga binaan mendapat remisi umum dengan rincian 317 orang mendapat remisi pengurangan masa kurungan dan 2 orang mendapat remisi bebas.(Lee)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *