Gubernur Sumsel Hadiri Pengajian Akbar dan Bersih Desa Jelang 1 Muharam di Desa Mitra Kencana

Berita Daerah, Ragam348 Dilihat
Antusiasme Masyarakat Desa Mitra kencana menyambut kedatangan Gubernur Sumsel H Herman Deru. Foto : Herli Yansah

BATURAJA, KLIKOKU.ID – Ribuan masyarakat desa Mitra kencana SP VII kecamatan Peninjauan Kabupaten OKU Kamis (13/7/2023) siang memadati lapangan bola desa setempat menyambut kedatangan Gubernur Sumsel H Herman Deru bersama Samanta Tivani dalam rangka pengajian Akbar dalam rangka bersih desa menyambut 1 Muharam 1445 H. Kegiatan itu juga di hadiri PJ Buapti OKU H Teddy Meilwansyah, Sekda OKU Dharmawan Irianto, ketau TP PKK OKIU Zwestie Karenia Teddy, serta sejumlah unsur forkompinda Kabupaten OKU, serta para muslimat NU.

Masyarakat Desa Mitra Kendaca melalui panitia menyampaikan kepada Gubernur Sumsel mengenai keluhan mereka selama bertahun tahun tak pernah memiliki akses jalan yang bagus. Masyarakat berharap Gubernur Sumsel dapat membantu mereka dengan memberi solusi permasalahan yang dialami masyarakat desa Mitra Kencana.

“Kami ini mau keluar takut tak bisa keluar dari desa, begitupun sebaliknya, setelah keluar, kami juga takut apakah bisa masuk kedesa kami atau tidak. Artinya kondisi jalan kami yang selama bertahun – tahun ini tak pernah mendapat perhatian. Kami berharap jalan kami ini bisa di perbaiki,” Ujar Panitia.

Sementara itu, Gubernur sumsel H Herman Deru Dalam sambutannya menjelaskan bahwa jalan yang berada di desa Mitra kencana SP VII Kecamatan Peninjauan merupakan jalan milik perusahaan PT. Pertamina Hulu Energi. Artinya kata, Herman Deru pemerintah Kabupaten Maupun Propinsi tidak boleh membangun jalan milik perusahaan.

“Selama ini saya hanya mendengar dari laporan mengenai kondisi di desa ini. Kali ini saya bisa ke Desa Mitra kencana ini dan melihat langsung apa kendala di desa ini. Namun perlu di ketahui bahwa jalan ini adalah milik Pertamina, dan bupati atau pun gubernur tidak bisa memperbaiki jalan milik perusahaan. Tapi Gubernur bisa ‘Nyeneni’ (menegur) perusahaan. Nanti saya akan bersurat kepada Pihak perusahaan,”ujar Gubernur.

Gubernur, juga berharap kepada Pertamina Hulu Energy untuk bisa berpartisipasi kepada masyarakat desa sekitar. Menurutnya meski tidak di aspal mulus, namun setidaknya Jangan menghambat masyarakat.

“Walau jalan ini merupakan aset Pertamina, tapi kan juga di fungsikan masyarakat. Jadi tolong sampaikan kepada Pertamina agar di benahi. Hanya 16 km di OKU dan 16 km di Rambang kuang OKI,” harapnya.

Disamping itu, Herman Deru juga memberi solusi lain kepada masyarakat desa Mitra Kencana jika memang ingin memiliki jalan yang bagus. Solusi nya adalah membangun jalan baru asalkan ada pembebasan lahan dari masyarakat.

“Ini tugas para anggota dewan, camat, kades. Kalau ada pembebasan tanahnya, sepanjang apapun jalan nya, saya bangunkan. Nanti tolong di inventarisir kan, dan ini janji saya,” tegas Gubernur.

Tak hanya permasalahan jalan saja, pada kesempatan itu, gubernur mengingatkan kepada para kaum ibu yang memiliki anak balita untuk mengikuti program timbang serentak yang telah di launching di propinsi Sumsel pada Kamis (13/7/2023). Gunanya adalah untuk mengetahui apakah anaknya mengalami stunting atau tidak.

” Propinsi Sumsel merupakan salah satu propinsi terbaik dalam hal penurunan angka stunting. Nah untuk meraih bonus demografi di tahun 2045 itu kita sudah siap. Tapi tak cukup jnaya sehat saja, namun juga harus cerdas,” beber Herman deru.

Oleh karena itu Herman deru berpesan kepada para kaum ibu untuk dapat memberikan pendidikan yang baik kepada anaknya agar menjadi cerdas dan berkarakter.

“Ini tanggung jawab besar seorang ibu. Bukan sekolah. Jadi, mari para kaum ibu untuk fokus kepada pendidikan anak, agar di 22 tahun mendatang anak kita bisa menjadi orang yang berguna, kreatif, serta memiliki karakter,” Pungkasnya.(Lee)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *