Gelar Apel Satkamling, Kapolres : Saya Harap Satkamling Jadi Cooling Sistem di Lingkungan Masing – masing

Berita Daerah, Ragam379 Dilihat
Kapolres OKU saat menyerahkan penghargaan kepada pemenang lomba Satkamling. Foto : Herli Yansah

BATURAJA, KLIKOKU.ID – Polres OKU Menggelar apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (kasat kamling ) dalam rangka HUT bhayangkara ke 77 tahun 2023 di halaman Mapolres OKU. Apel tersebut di ikuti berbagai unsur seperti TNI, Polri Satpol PP, Linmas serta masyarakat.

Selain itu pada apel tersebut juga di hadiri Wakapolres OKU Kompol Farida Aprillah, Danramil 403-13 lubuk batang kapten inf Surasa, Kasat Pol PP Firmansyah ST, Kejaksaan negeri OKU diwakili Kasubsi Intel Abdulah Arby kasat Binmas AKP Indra Wilsi, serta para Kapolsek jajaran.

Kapolres OKU AKBP Arif Harsono Dalam sambutannya menyampaikan kehadiran satkamling merupakan salah satu bentuk pengamanan swakarsa telah di atur dal pedal 3 ayat (1) huruf c UU nomor 2 tahun 2002 tentang polri yang menjelaskan bahwa dalam penyelenggaraan tugas, polri di bantu oleh kepolisian khusus , PNS dan bentuk – bentuk pengamanan Swakarsa.

“Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada kelurahan atau desa. Oleh karena itu kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif,” ujar Kapolres.

Saat ini lanjut Kapolres satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas. Terlebih, kedepan Indonesia akan melaksanakan agenda nasional yakni pemilu serentak tahun 2024.

“Saya berpesan agar kehadiran satkamling bisa betul – betul menjadi cooling sistem di lingkungan nya masing – masing,” pesan AKBP Arif.

Kapolres juga mengatakan dari data korbinmas Baharkam polri diawal tahun 2023 saat ini dari 203.028 pos kamling yang ada di Indonesia hanya 134.753 yang aktif. Dari angka itu, bisa di simpulkan bahwa ada 95.275 pos kamling t8dka aktif.

“Artinya, baru 60 persen saja pos kamling yang aktif. Oleh karena itu diperlukan peran dari seluruh masyarakat dan stakeholder terkait untuk melakukan upaya revitalisasi Satkamling dengan mengaktifkan dan memberdayakan kembali satkamling,” lanjut Kapolres.

Untuk itu, sambung Kapolres Polri telah melakukan akselerasi dengan mengadakan lomba satkamling mulai dari tingkat Polres, Polda hingga nasional. Tujuan nya tak lain untuk kembali memberikan gairah kepada masyarakat agar mengaktifkan kembali satkamling.

“Termasuk di polres OKU, kita telah mendapatkan para juara satkamling nya. Tadi kita sudah berikan penghargaan kepada para pemenang yang menjadi pemenang lomba satkamling polres OKU,” sambungnya.

Pada kesempatan itu, Kapolres juga mengucapkan terima kasih kepada para insan satkamling yang telah berberan aktif membantu polri dalam menjaga keamanan lingkungan.

“Saya ucapkan terima kasih telah membantu tugas polri. Terus lakukan perbaikan dan tingkatkan kerja sama kepada penyelenggaraan satkamling,” pungkasnya.(Lee).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *