Datangi Gedung Logistik PPK Peninjauan, Massa Caleg Asmunandar Tuntut Penghitungan Ulang

Berita Utama, Politik394 Dilihat
Massa caleg Asmunandar yang mencoba masuk ke gedung logistik PPK di Kecamatan peninjauan dihadang petugas. Foto : ist

BATURAJA, KLIKOKU.ID – Merasa dicurangi, massa dari salah satu Caleg Partai Nasdem nomor urut 1 dapil 4 Asmunandar menggeruduk gedung logistik PPK yang berada di kantor kecamatan peninjauan Minggu, (18/2/2024). Massa yang berjumlah sekitar 200 orang menuntut Agar dilakukan penghitungan ulang di beberapa TPS Desa Kepayang Kecamatan Peninajauan lantaran diduga terdapat banyak kecurangan.

“Massa yang di koordinator oleh Nazirwan meminta Dilakukan perhitungan ulang di TPS 01,
TPS 03 dan TPS 07. Karena menurut keterangan para saksi mandat dari caleg ASMUNANDAR terdapat banyak keacurangan,” ujar Kapolres OKU AKBP Imam Zamroni dikonfrimasi Minggu (18/2/2024) petang.

Kemudian, lanjut Kapolres perwakilan massa juga menyampaikan bahwa jika setelah perhitungan ternyata Asmunandar memang kalah, massa akan menerima kekalahan tanpa menuntut.

“Intinya massa mau sportif jika bisa dilakukan perhitungan ulang. Jika memang kalah, mereka mau terima,” lanjutnya.

Menyikapi hal tersebut, Kapolres OKU AKBP Imam Zamroni menyampaikan kepada massa aksi untuk menjaga ketertiban selama penghitungan di PPK. Kapolres juga menyamapiakan permasalahan itu akan di sampaikan kepada KPU dan Bawaslu.

Ratusan massa yang tak puas dengan hasil penghitungan dan menuntut penghitungan ulang

“Ketua PPK tidak bisa menghitung ulang, namun bisa mengusulkan ke KPU dan bawaslu. Dan kita selalu personel polri hanya menjembatani apabila ada permasalahan dan menjaga supaya berjalan dengan aman dan damai. bagaimana nantinya, kita tunggu kedatangan KPU dan Bawaslu yang akan menjelaskan lebih detil tentang tata cara mengajukan gugatan hasil perolehan suara yang di indikasi kecurangan,” jelasnya.

Setelah dilakukan mediasi di kantor kecamatan Peninjauan sambung AKBP Imam Zamroni, Asmunandar akhirnya bisa memahami. Dirinya diminta untuk berkoordinasi dengan Bawaslu dan KPU dalam kurun lima hari kedepan.

Sudah kita beri penjelasan, dan sudah dimediasi, Alhamdulillah yang bersangkutan mau mengerti. Saat ini situasi sudah kondusif dan massa sudahenbubarkan diri,” tukasnya.

Diketahui, Pengamanan Aksi Damai dipimpin oleh Kapolres OKU AKBP Imam Zamroni, S.I.K, MH didampingi Kabag OPS Polres OKU Kompol Liswan Nurhafis,S.H, Kapolsek Peninjauan IPTU Yulia Fitri Yanti, S. Sos diikuti personil gabungan dari Polres OKU dan Polsek Peninjauan. Bahkan dalam pengamanan itu tampak hadir Dandim 0403 OKU Letkol Inf Harri Feriawan Rumawatine dan beberapa anggota Koramil peninjauan.(Lee)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *