Budidaya Ikan Jadi Fokus Pemkab OKU, Akan Jadikan Desa Marta Jaya Kampung Perikanan

Berita Daerah, Ragam457 Dilihat
PJ bupati OKU dan panen Lele Bio Flog di desa Marta Jaya Kecamatan Lubuk Raja. Foto : Herli Yansah

BATURAJA, KLIKOKU.ID – PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPD menghadiri kegiatan penyerahan bantuan pemerintah dan panen perdana budidaya ikan lele dengan metode bioflog di Desa Marta Jaya Kecamatan Lubuk Raja pada Selasa (28/11/2023). Selain panen ikan, juga dilaksanakan penyerahan bantuan kementerian Kelautan dan Perikanan RI dan bantaun CSR PT Semen Baturaja kepada Kelompok Budidaya Ikan, Budidaya Magot dan Budidaya Cacing sutra yang ada di desa Marta Jaya tersebut.

Selain PJ Bupati, acara itu dihadiri Asisten III Setda OKU Romsin Fitri, Kepala Dinas Perikanan dan peternakan Ir Hj Tri Aprianingsih, Camat Lubuk Raja Khairudin Albar SSTP MSi, Kapolsek Lubuk Raja IPDA Andi Andry, Anggota DPRD OKU Sujarwo, Senior CSR PT semen Baturaja Gili Aprial Praja, Manager SCR PT Semen Baturaja Aprizal, Para Kades serta undangan lain.

Dalam laporannya Kepala dinas perikanan dan peternakan Ir Hj Tri Aprianingsih mengatakan bantuan pemerintah Kabupaten OKU berupa alat ekstrak minyak albumin dan bantuan sarpras untuk pembuatan abon ikan gabus yang akan di terima oleh poklasar Desa marta jaya. Lalu ada juga bantuan CSR dari PT Semen Baturaja untuk pembangunan budidaya magot, CSR kelompok budidaya cacing sutra dan Pembangunan sumur bor dan pintu pengaturan air untuk demplot ikan gabus.

“Untuk kelompok budidaya magot itu di blok C desa Marta jaya, kemudian budidaya cacing sutra di blok D Desa marta jaya, demplot budidaya ikan gabus dan sarpras nya dengan total CSR sebesar Rp.150 juta rupiah,” ujar Tri Aprianingsih.

Selain itu lanjut Tri, juga dilakukan penyerahan bantuan dari kementerian kelautan dan perikanan RI tahun 2023 berupa 9 unit mesin pompa air kepada kelompok pembudidaya ikan. Dan juga bantuan budidaya ikan kele dengan sistem bioflog. Dimana Kabupaten OKU ditahun 2023 mendapat bantuan sebanyak 2 unit.

Penyerahan bantuan mesin pompa air dari kementerian Kelautan dan perikanan kepada pembudidaya Ikan

“Setiap unitnya mendapatkan rumah bioflog, kolam dengan diameter 4 meter, bibit ikan sebanyak masing – masing 15.000 serta pakan ikan 1,5 ton. Alhamdulillah di propinsi Sumsel, Kabupaten OKU menjadi yang pertama melakukan panen ikan lele bioflog ini dari 6 kabupaten Yang mendapatkan bantuan serupa,” Jelasnya.

Sementara itu, PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah mengapresiasi masyarakat Desa Martajaya yang telah melakukan inovasi yang luar biasa. Dirinya berharap hal ini dapat di contoh oleh desa lain di OKU dalam mengatasi inflasi.

“Inilah yang kita harapkan, saya harap ini menjadi virus bagi desa lain untuk punya terobosan yang sama dengan desa Martajaya. Dan kepada kelompok budidaya ikan desa Marta jaya, saya harap bisa menyebarkan ilmu yang sudah di dapat,” Kata Teddy.

Teddy mengungkapkan saat ini terobosan budidaya seperti yang dilakukan Desa Martajaya memang menjadi konsentrasi Pemerintah daerah. Kedepan Teddy berencana akan me jadikan desa Martajaya sebagai kampung perikanan.

“Seperti yang telah digariskan oleh pemerintah pusat melalui menteri Dalam Negeri Bahwa inflasi, stunting dan kemiskinan ekstrim adalah prioritas utama bagi seluruh daerah. Nah, ini adalah wujud nyata solusi dari 3 hal ini. Oleh karena itu kami ucapkan terima kasih kepada seluruh kelompok budidaya ikan di Desa ini. Kami juga sampaikan terima kasih atas bantuan dari pihak ke 3 seperti PT Semen Baturaja yang terus membantu Dalam rangka mengembangkan dan memajukan daerah Kabupaten OKU,” beber PJ Bupati.

Menurut Teddy, Pemerintah Kabupaten OKU telah melakukan berbagai upaya guna memajukan budidaya ikan di desa Martajaya. Bahkan kata Teddy Pihaknya sampai berkoordinasi kepada pemerintah pusat agar budidaya ikan di OKU mendapat perhatian.

“Alhamdulillah, hasilnya sudah ada. Terbukti kita sudah mendapatkan bantuan dari kementerian untuk mengembangkan budidaya ikan ini. Inilah salah satu wujud upaya kami Pemkab OKU yang akan selalu mendampingi kelompok budidaya ikan di desa Martajaya ini supaya kelompok ini bisa maju dan bermanfaat bagi semua lapisan masyarakat,” Pungkasnya. (Lee)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *