Bersih – Bersih Sungai Dari Sampah, Crew Belanting Rivertubing Kelumpang Harapkan ini..

Berita Daerah, Ragam777 Dilihat
Crew Belanting River Tubing membersihkan sampah di sungai agar pengunjung tak komplain. Foto : ist

BATURAJA, KLIKOKU.ID – Sebagai tempat wisata yang menerima jasa pelayanan bukan hanya pelayanannya saja yang harus diutamakan namun juga kebersihan wisata harus tetap dijaga demi kenyamanan pengunjung. Kebersihan seringkali menjadi salah satu masalah yang mengganggu di kawasan wisata, yang awalnya pengunjung bisa menikmati pemandangan yang indah tapi karena sampah keindahan tempat wisata pun berkurang.

Padahal setiap pengunjung menginginkan pelayanan terbaik dan memuaskan. Untuk itu lah crew Belanting Rivertubing Kelumpang Ulu Ogan melakukan bersih – bersih sampah di sungai Ogan.

Koordinator Belanting river Tubung Kelumpang Darul Kutni SPd mengatakan bahwa bersih – bersih sampah merupakan Kegiatan rutin crew Belanting Rivertubing Kelumpang. Menurut Darul, kegiatan itu selaras dengan makna Belanting itu sendiri.

“Hal ini sesuai pesan yang ingin disampaikan dalam kepanjangan belanting yaitu bersama lestarikan alam hutan dan lingkungan. Dengan menjaga kebersihan di lingkungan wisata sangat penting agar pengunjung pun tidak komplain terhadap pihak pengelola. Seindah apapun view wisata tapi jika banyak sampah berserakan pasti akan mengurangi keindahan dan pastinya mengganggu kenyamanan setiap orang yang ada disana,” ujar Darul.

Tidak hanya bersih – bersih, kegiatan crew Belnting juga diisi dengan kegiatan menanam pohon dipinggir sungai serta mensosialisasikan untuk tidak membuang sampah di sungai ogan.

“Kami selalu gotong royong membersihkan sampah di sungai ogan biasanya 3 kali dalam satu minggu. Sampah plastik kami bakar, karena belum ada solusi lain. Misalnya tempat pembuangan sampah /tpa. Harapan kami kedepan di ulu ogan ada TPA sehingga masyarakat sadar untuk tidak lagi membuang sampah di sungai,” ungkapnya.

Namun Darul juga menegaskan bahwa bukan hanya pihak pengelola wisata saja yang harus bertanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan setiap sudut area yang dikelolanya. “Pengunjung pun juga perlu ikut serta menjaga kebersihan. Menyadari pentingnya menumbuhkan rasa cinta kebersihan terhadap tempat wisata karena kebersihan juga adalah sebagian dari iman,” pungkasnya.(jpn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *