Berkunjung ke OKU, PJ Gubernur Sumsel Resmikan 2 Pasar Tradisional

Berita Daerah, Ragam379 Dilihat
PJ Gubernur Sumsel dan dan PJ Bupati OKU Menendatangani prasasti pasar tradisional desa tungku jaya. Foto : Herli Yansah

BATURAJA, KLIKOKU.ID – Pj. Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah Mendampingi Pj. Gubernur Sumatera Selatan Dr. Drs. H. A. Fatoni, M.Si., Meresmikan Pasar Desa Tungku Jaya Kecamatan Sosoh Buay Rayap dan Pasar Desa Sari Bumi Desa Karya Mukti Unit 12 Kecamatan Sinar Peninjauan, sekaligus melakukan Penanaman Perdana Bawang Merah dan Penyerahan Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBD) di Desa Tungku Jaya Kecamatan Sosoh Buay Rayap, Jum’at, (03/11/2023).

Selain PJ Gubernur, kagiatan itu juga Dihadiri Pj.Ketua TP PKK Sumsel, Asisten I Setda Prov.Sumsel, OPD terkait Prov.Sumsel, Forkopimda/mewakili Kab.OKU, Pj. Ketua TP PKK OKU, Sekda OKU, Asisten I&III Setda Kab.OKU, Ketua DWP Kab.OKU, OPD terkait Kab.OKU, Stafsus, para Camat Se-Kab.OKU, Unsur Muspika Sosoh Buay Rayap, PLN UP3 Lahat, Bulog, BUMD, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama, serta tamu

Pj. Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah, Menyampaikan bahwa Maksud pembangunan fasilitas pasar rakyat atau pasar desa itu adalah untuk meningkatkan pelayanan publik, serta mendorong berkembangnya pusat pertumbuhan dan sentra aktivitas ekonomi masyarakat.

“Selanjutnya untuk membentuk sentra transaksi ekonomi, dimana sebagian warga yang bermata pencaharian sebagai pedagang mampu memiliki sarana perdagangan yang lebih permanen. Dan, untuk membantu warga dalam mendistribusikan dan menjuan hasil usaha pertanian dan komoditi dagang lainnya, Serta untuk menstimulasi atau menggerakkan roda ekonomi di tingkat lokal,” ucap Teddy.

Selain acara peresmian pasar, pada kesempatan itu juga dilaksanakan kegiatan penyerahan bantuan pasang baru listrik (BPBL) yang dilaksanakan oleh PT. PLN sebanyak 428 rumah tangga yang tersebar di 19 Desa dan 4 Kecamatan. Terkhusus desa Rungku Jaya dan Desa Mekar Jaya adalah erupakan Bantuan Pj. Gubernur Sumsel.

“Kami juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada PT. PLN UP3 Lahat yang telah membantu pemasangan baru aliran listrik secara gratis bagi masyarakat yang memang memerlukan, dan semoga dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Serta, kepada pihak Bulog divisi regional Baturaja atas semua kegiatan pasar murah yang telah terlaksana di beberapa titi wilayah Kabupaten OKU yang diharapak dapat membantuk meringankan beban masyarakat”, pungkasnya

Sementara, Penjabat Gubernur Sumsel Dr. Drs. H. A. Fatoni, M.Si., menyampaikan bahwa Pemprov Sumsel sejak tahun 2021 sampai 2023 telah membangun dan merevitalisasi sebanyak 16 unit pasar, di antaranya 2 pasar di Kabupaten OKU, yang hari ini akan bersama-sama kita resmikan.

“Pada kesempatan ini kami sampaikan pula bahwa, saat ini kita sedang menghadapi cuaca panas (Elnino) yang menyebabkan berbagai hal terjadi, diantaranya gagal panen karena kekeringan dan kebakaran, serta produksi pangan menurun yang mengakibatkan inflasi. Untuk itu kita semua harus siap menghadapi ini dan berperan aktif dalam mengatasi semua yang terjadi pada saat ini, dengan cara tidak boros pangan serta kita menanam sendiri kebutuhan pokok di kebun maupun pekarangan rumah kita agar kebutuhan sehari-hari dapat tercukupi, serta mendistribusikan hasil panen di daerah kita sendiri agar harga pangan dapat terjangkau dan dapat menekan angka inflasi”, ujarnya.(Lee)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *