Antisipasi Karhutla, Ini Upaya Satintelkam Polres OKU

Berita Daerah, Ragam387 Dilihat
Upaya padaman api oleh personel polres OKU. Foto : ist

BATURAJA, KLIKOKU.ID – Upaya penanganan dan antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan diwilayah kabupaten OKU merupakan tanggung jawab seluruh stakeholder di Kabupaten OKU Termasuk Polres OKU. Pada pelaksanaan nya, seluruh fungsi dipolres OKU tentu mendapat kan tugas sesuai dengan fungsinya masing – masing.

Hal ini sesuai dengan perintah Kapolda Sumsel yang di teruskan kepada Polres Jajaran di wilayah propinsi Sumsel tak terkecuali Kabupaten OKU. Seperti dikatakan Kapolres OKU AKBP Arif Harsono melalui Kasat Intelkam AKP Hendri Antonius SH Dibincangi portal ini Rabu (27/9/2023).

“Penanganan karhutlabun juga menjadi tanggung jawab kita dari satuan intelkam. Makanya kita telah memerintahkan personel sat intelkam baik di polres OKU maupun di Polsek jajaran untuk semaksimal mungkin melakukan pencegahan serta antisipasi terjadinya Karhutlabun,” ujar AKP Hendri.

Selain itu, kata Kasat intelkam dirinya juga telah memerintahkan personelnya untuk melakuka mapping wilayah melalui Intel Polsek terkait kerawanan Karhutlah di kabupaten OKU.

“Kita minta kepada para personel melakukan pendataan diwilayah mana saja dikabupaten OKU ini yang mempunyai titik kerawanan terjadi Karhutlabun. Dengan demikian setidaknya kita bisa melakukan langkah pencegahan dini terjadinya kebakaran hutan di wilayah itu secara dini,” jelas AKP Hendri.

Langkah selanjutnya, kata dia, pihaknya juga secara berkesinambungan melakukan patroli gabungan di daerah yang dianggap rawan terjadi kebakaran. Begitu juga dengan peralatan pemadam, Polres OKU telah melakukan koordinasi kepada PDAM OKU untuk menstandby kan mobil pengangkut air untuk menyuplai air ke mobil water Canon milik polres OKU untuk di gunakan sebagai mobil pemadam kebakaran.

“Upaya – upaya ini telah kita lakukan sesuai dengan arahan Dir Intelkam Polda Sumsel. Kita gunakan mobil water Canon polres OKU untuk dijadikan mobil pemadam kebakaran,” tambahnya.

Terakhir, sambung AKP Hendri, dirinya bersama seluruh personel nya tak henti melakukan himbauan kepada tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, untuk bersama sama Polri dalam upaya pencegahan serta penanganan Karhutlah Bun diwilayah Kabupaten OKU.

“Alhamdulillah meski ada juga terjadi kebakaran namun tak sempat meluas,” pungkasnya.(Lee)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *