Sah !!! Aktifitas Bongkar Muat Pindah Ke Pasar Induk Batukuning

Berita Utama, Ragam182 Dilihat
Proses bongkar muat sayur telah di mulai di pasar induk Batukuning pada Senin (22/4/2024) malam. Foto : Herli Yansah

BATURAJA, KLIKOKU.ID – Setelah belasan tahun terbengkalai, akhirnya pasar induk Batukuning Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten OKU kembali beroperasi. Hal itu sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Bupati OKU Nomor 500.2.2.7/217/KPTS/V/2024 tentang Tim Fasilitasi Penertiban Bongkar Muat pedagang Tradisional ke Pasar Induk Batutaja yang ditandatangani PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah tertanggal 19 April 2024.

Senin, (22/4/2024) malam suasana pasar induk Batukuning tampak berbeda, dimana sebelumnya sepi, gelap dan tak berpenghuni, kini memiliki aktifitas bongkar muat telah dimulai di pasar itu. Para pedagang biak agen maupun pedagang pengecer telah menempati lapak nya masing – masing sesuai dengan nomor urut yang telah di tentukan.

Saat dikonfirmasi, Direktur Utama (Dirut) Perumda Pasar Radius Susanto SE M Si mengatakan penertiban bongkar muat di kota Baturaja akan difokuskan di pasar induk batukuning.

“Mulai malam ini seluruh bongkar muat di Baturaja akan kita arahkan ke pasar induk Batukunging. Pengaktifan ini juga memang atas permintaan masyarakat, dan juga kita juga sudah mendapat saran dari PJ Bupati OKU untuk kembali mengaktifkan pasar Batukuning agar masyarakat di sekitar kelurahan Batu Kuning tak lagi jauh untuk berbelanja,” ujar Radius.

Radius juga mejelaskan untuk los dan lapak ang ada di Pasar induk Batukuning saat ini seluruhnya seluruhnya sudah terisi. Hanya yang belum terisi adalah kios, sebab untuk kios nantinya akan di dominasi oleh pedagang sembako, pakaian dan pedaganag makanan.

“Kalau untuk lapak sayur mayur serta los ikan semuanya sudah terisi,” ungkapnya.

Dirinya juga mengatakan pengaktifan kembali pasrah induk yang telah 14 tahun terbengkalai adalah untuk mengurangi kemacetan di pasar – pasar yang ada di kota Baturaja. Selain itu dengan aktifnya pasar induk Batukunging diharap dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Ya, harapan kita untuk para agen bongk muat agar dapat menempati lapak yang telah di sediakan. Dan kita juga berharap agar masyarakat bisa berbelanja di pasar induk dan pasar induk bisa membuka pundi – Pundi rupiah baru bagi masyarakat,” tukasnya.

Sementara itu, Aris salah satu agen sayur yang telah menempati lapak nya mengaku mendukung program pemerintah Kabupaten OKU untuk kembali menghidupkan pasar induk Batukuning. Dirinya berharap pasar induk dapat terus berlanjut dan maju.

” Ya, kami selaku pedagang mendukung saja program jika ingin menghidupkan para induk ini. Kita harap, aktifitas bongkar muat di sini bisa ramai,” ujar Aris.

Dirinya mengaku selama ini dia berjualan di pasar korpri. Ia merupakan Salah satu agen sayur yang cukup besar di pasar itu.

” Saya jualan selama ini di pasar korpri. Saya hanya jual sayur,” pungkasnya.(Lee)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *