Luapkan Kekecewaan, Massa Hadang Truk Batubara dan Minta Putar Arah

Berita Daerah, Ragam579 Dilihat
Massa saat menghadang kendaraan truk bermuatan diduga Batubara. Foto : ist

BATURAJA, KLIKOKU.ID – Puluhan massa yang tergabung dalam “Peran Serta Masyarakat” menggelar aksi penghadangan dan memutar balikkan kendaraan angkutan batubara yang melintas di jalan lintas sumatera wilayah kabupaten OKU pada Jum’at (4/8/2023) petang di depan GOR Baturaja. Hal ini sebagai bentuk ungkapan rasa kekecewaan massa terhadap perusahaan Batubara dan pengusaha transportasi serta kekecewaan terhadap aparat terkait dalam menegakkan aturan pemerintah.

Massa menilai aparat terkait gagal menerapkan pergub nomor 74 tahun 2018 tentang pencabutan pergub nomor 23 tahun 2012 tentang tata cara pengangkutan batubara melalui jalan umum. Selain itu massa juga merasa aparat terkait juga gagal menerapkan perda nomor 5 tahun 2011 tentang pelaksanaan kegiatan usaha pertambangan mineral dan batubara pasla 52 ayat (1) dan ayat (4).

Menurut koordinator aksi Evan kegiatan transportasi batubara yang melintas di Kabupaten OKU hanya memberikan dampak buruk bagi kabupaten OKU. Terutama menjadi penyebab hancurnya jalan lintas sumatera di kabupaten OKU dan penyebab terjadinya kecelakaan serta kerap mengganggu aktifitas jalan yang berpotensi terjadi kemacetan.

“Makanya kita gelar aksi ini. Kita akan lakukan penyetopan terhadap kendaraan batubara yang melintas dan akan kita suruh putar arah,” Ujar Evan.

Masih kata Evan, pihaknya pun telah mengetahui akal – akalan yang dilakukan para sopir kendaraan truk batubara. Dimana mereka kebanyakan melintas di Kabupaten OKU dikala malam hari. Oleh sebab itu, massa akan melakukan aksi hingga larut malam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *