Antisipasi Banjir, PJ Bupati OKU – Dandim 0403 OKU Kompak gotong Royong

Berita Daerah, Ragam1355 Dilihat
PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah bersama Dandim 0403 OKU Letkol Inf Harri Feriawan Rumawatine melakukan gotong royong di Kelurahan Baturaja Permai. Foto : ist

BATURAJA, KLIKOKU.ID – Komandan Kodim 0403 OKU Letkol Inf Harri Feriawan Rumawatine bersama PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd, Senin (4/11/2023) Melakukan gotong royong pembersihan di Kelurahan Baturaja Permai kecamatan Baturaja Timur. Hal itu dilakukan sebagai salah satu bentuk Antisipasi banjir saat musim hujan dikawasan yang dianggap rawan banjir.

Sebagaimana di ketahui, kawasan kelurahan Baturaja Permai merupakan salah satu wilayah di kecamatan Baturaja timur yang dianggap menjadi langganan banjir saat musim hujan tiba. Kegiatan ini dalam rangka Karya Bhakti TNI yang diinisiasi oleh Kodim 0403 OKU dan diikuti oleh BPBD OKU, DLH, Damkar dan masyarakat.

Saat dibincangi ini PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah mengatakan kegiatan Ini merupakan tindak lanjut instruksi dari Gubernur, Pangdam dan Kapolda Sumsel bahwa kedepan harus siap siaga dan memitigasi melakukan penanggulangan dan upaya-upaya pencegahan terjadinya banjir dan tanah longsor.

“Nah kegiatan ini adalah langkah konkrit kami telah kami lakukan dengan bergotong royong,” kata Teddy.

Dikatakan Teddy, Gotong royong dikawasan ini juga merupakan permintaan dari masyarakat, Pemkab OKU bersama Kodim 0403 OKU mencari kawasan berdasarkan permintaan dari masyarakat dan memang wilayah ini kerap terjadi banjir setiap musim hujan tiba.

“Setiap musim hujan air sungai naik jadi dikawasan ini kerap terjadi banjir, kemudian yang kerap terjadi banjir kawasan Sekarjaya, dua wilayah ini menjadi perhatian kita,” ujarnya.

Langah lainnya untuk mengantisipasi banjir dikatakan Teddy, Pemkab OKU melalui dana ban-gub juga telah melakukan normalisasi anak sungai dan drainase di daerah Sekarjaya dan Baturaja permai. “Insyallah kedepan kita akan terus melakukan upaya untuk mengatasi banjir,” tandasnya.

Sementara itu Dandim 0403 OKU Letkol Inf Harri Feriawan Rumawatine mengatakan kegiatan merupakan upaya pencegahan terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor yang sangat mungkin terjadi di saat musim hujan.
“kegiatan ini kita inisiasi bersama seluruh komponen masyarakat untuk mencegah terjadinya banjir, kita mengajak untuk masyarakat lebih peduli terhadap lingkungannya, kita ingin menstimulus (merangsang red) keinginan masyarakat untuk menjaga lingkungannya, ” kata Dandim.

Kegiatan ini juga lanjutnya, belajar dari kejadian banjir bandang di kawasan OKU selatan yang terjadi beberapa waktu lalu. Untuk itu perlu dilakukan mitigasi dan upaya pencegahan terjadinya bencana banjir dan tanah longsor.

“untuk di Kodim 0403 OKU kita lakukan serentak dengan melibatkan personel baik dari kodim maupun koramil di OKU, OKU Timur dan OKU Selatan,”tukasnya.

Dandim berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi motivasi masyarakat untuk tetap menjaga lingkungannya serta dapat mencegah terjadinya banjir.

“Harapannya kegiatan ini dapat menjadi upaya dalam pencegahan dan mitigasi banjir,” tandasnya. (Lee)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *