Air Tak Mengalir Hampir 3 Pekan, Begini Penjelasan Direktur PDAM

Berita Daerah361 Dilihat
Direktur PDAM Tirta Raja Abi Kusno menjelaskan permasalahan kepada pelanggan mengenai ruskannya travo PDAM. Foto : ist

BATURAJA, KLIKOKU.ID – Tak mengalirnya air PDAM ke pelanggan di kelurahan talang Jawa Kecamatan Baturaja Barat sejak 7 Agustus lalu menimbulkan reaksi dari sejumlah masyarakat dengan menggelar aksi di halaman PDAM Rabu (23/8/2023). Masyarakat meminta penjelasan serta solusi kepada PDAM agar air bisa tersupliai seperti sediakala.

Menanggapi Rekasi masyarakat itu, Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Abi Kusno mengatakan bahwa air tidak mengalir sejak tanggal 7 Agustus di wilayah Air Gading dan Talang Bandung disebabkan adanya travo IPA Tanjung Agung mengalami kebakaran.

Diketahui, terhitung sejak tanggal 7 Agustus hingga tanggal 23 Agustus 2023 air tidak mengalir ke pelanggan di dua wilayah tersebut.

“Sejak itu kami langsung melakukan perbaikan. Dikarenakan pengganti travo yang terbakar belum datang, saat ini dalam pemesan sehingga terjadilah durasi yang cukup lama dan air belum bisa mengalir ke pelanggan,” ujar Abi Kusno, Rabu (23/08/23).

Selain travo di IPA Tanjung Agung terbakar, terdapat kendala lain yakni rusaknya sekring penyaringan sampah di IPA Tanjung Agung serta rusaknya saluran air yang bocor di wilayah Talang Jawa, sehingga menjadi permasalahan penyaluran air ke pelanggan di wilayah itu terhenti.

“Kami mengakui kesalahan kami, dan kami meminta maaf ke seluruh masyarakat pelanggan PDAM Tirta Raja, karna belum bisa memberikan pelayan secara maksimal, dikarenakan kami hanya memiliki satu pompa air di wilayah itu,” ungkapnya.

Karena mengalami gangguan yang cukup lama, pihak PDAM Tirta Raja akan memberikan keringan dengan cara pelanggan hanya membayar tagihan pada bulan Agustus ini maksimum senilai Rp 78 ribu untuk seluruh pelanggan PDAM Tirta raja di dua wilayah tersebut.

Selain itu, pihak PDAM juga akan memberikan air secara gratis di tempat rumah ibadah yang tidak mendapatkan air dari PDAM OKU di dua wilayah tersebut dengan mengunakan tangki air. (Lee)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *