Dilantik PJ Bupati OKU, Ini Sosok 3 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pemkab OKU

Berita Utama, Ragam177 Dilihat
Penyerahan SK pelantikan pejabat oleh PJ Bupati OKU kepada salah satu kepala Dinas. Foto : Herli Yansah

BATURAJA, KLIKOKU.ID – Tiga pejabat pimpinan tinggi pratama dan dua administrator dilingkungan Pemkab OKU dilantik oleh Pj Bupati OKU, Muhammad Iqbal Alisyahbana SSTP MM di ruang Abdi Praja Pemkab OKU, Jumat, (18/10/2024). Para pejabat yang dilantik itu meliputi Tiga kepala dinas (Kadin) dan Badan (Kaban), 1 pejabat sekretaris serta 1 pejabat Kepala Bidang (Kabid).

Tiga pejabat kepala dinas yakni, Ahmad Azhar SSTP MM menjabat sebagai Kadin Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten OKU, Kemudian M Monang Suryadinata SSos MSi sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) OKU serta Juarsyah SSos MM dilantik menjadi Kepala Dinas Perikanan OKU.

Sementara dua pejabat administrator di lingkungan Disdukcapil yang dilantik yakni Virgiawan Chrismoko SSTP MM dilantik menjadi Sekretaris Didukcapil OKU, dan Sumardi SE menjabat sebagai Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Disdukcapil OKU.

“Pelantikan ini merupakan hasil seleksi lelang yang sudah dilakukan sejak April lalu. Alhamdulillah tiga orang yang dilantik ini untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan pejabat sebelumnya karena pensiun,” kata Pj Bupati OKU, Muhammad Iqbal Alisyahbana SSTP MM usai pelantikan.

Iqbal menambahkan, saat ini masih ada tiga jabatan yang masih kosong. Yakni Kepala Dinas Perkim, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag).

“Kami akan evaluasi bersama tim BKPSDM dan Pak Sekda untuk membahas kapan akan dilakukan lelang lanjutan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Iqbal menekankan kepada seluruh pejabat untuk bisa bekerja maksimal. Baik kepada pejabat yang baru dilantik atau yang sudah lama.

“Kami tekankan kepada pejabat yang baru dan sudah lama dilantik harus mampu menjalankan program-program dengan sepenuh hati. Sehingga, masyarakat bisa mendapatkan manfaatnya. Jika mereka tidak menjalankan, ini akan menjadi bahan evaluasi kami baik pejabat eselan IV, eselan III maupun eselon II,” tegasnya.

Selain itu, Iqbal juga meminta kepada para pejabat bisa menciptakan suasana kerja yang baik. Membangun teamwork yang bertagung jawab dengan tupoksi masing-masing.

Selain itu, bisa menjalin hubungan yang baik dengan sesama satuan organisasi, perangkat daerah, organisasi vertikal dan lembaga-lembaga lain.

“Agar tercipta iklim kerja yang baik dan kondusif. Sehingga mudah tercapai target yang sudah disusun,” imbuhnya.

Iqbal menjelaskan, pelantikan ini sudah melalui proses yang panjang sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku.

Dimulai harus mendapatkan izin KASN dan mendapat persetujuan dari Kemendagri agar dapat dilaksanakan seleksi lelang jabatan.

Selanjutnya peserta harus melalui kopetensi asesmen bekerjasama dengan Mabes Polri dan juga panitia seleksi salahsatunya dari Unsri.

Selanjutnya dari hasil proses tersebut, maka diperoleh tiga orang yang hari ini dilantik menjadi pejabat tinggi pratama yang akan melaksanakan tugas yakni pada Kesbangpol, Dinas Perikanan, Dinas Arsip dan Perpustakaan, serta dua pejabat administrator di lingkungan Disdukcapil.

“Sebelumnya bupati mengusulkan masing-masing tiga orang pada tiap jabatan ke Kemendagri. Untuk nantinya dipilih satu orang oleh Kemendagri,” urainya.

Pada kesempatan tersebut Iqbal menekankan bahwa tugas dan kewenangan Pj Bupati sama halnya dengan Bupati definitif.

Hanya empat hal yang tidak bisa dilakukan oleh Pj Bupati. Yakni pertama melakukan rotasi pegawai, kedua membatalkan perizinan yang sudah dibuat pejabat sebelumnya.

Kemudian yang ketiga membuat kebijakan tentang pemekaran daerah yang bertentangan dengan pejabat sebelumnya.

Dan yang keempat membuat kebijakan yang bertentangan dengan program pemerintah sebelumnya.

“Tapi, empat hal tadi bisa dilakukan asalkan mendapatkan izin dari Mendagri. Dengan waktu yang sebentar ini, saya berharap kalau nantinya ada rotasi pegawai hanya dilakukan ketika ada pegawai yang promosi atau mengisi jabatan kosong yang ada di Pemkab OKU. Kami harap para pejabat bisa bekerja sungguh-sungguh. Kalau tidak, jangankan salahkan kami jika nanti dievaluasi,” pungkasnya. (Lee)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *